Kamis, 18 Desember 2014

Karya SMANTA untuk Kelestarian Budaya

Hello, Smantaners! Negara kita tercinta ini memiliki beranekaragam kebudayaan serta tradisi adat-istiadatnya. Keanekaragamaninilah yang menjadi daya tarik bangsa ini dimata dunia, sehingga tidak sedikit dari mereka yang ingin mengetahui atau bahkan mempelajarinya. Budaya juga merupakan identitas bangsa yang harus dihormati, dijaga serta perlu dilestarikan untuk kelak diwariskan kepada anak cucu kita nanti.

Seiring berkembangnya zaman, menimbulkan perubahan pola hidup yang lebih modern juga instan. Akibatnya kita lebih memilih kebudayaan baru yang dinilai lebih praktis dibanding dengan budaya lokal. Masuknya budaya asing adalah wajar, namun budaya tersebut juga harus disesuaikan dengan budaya kita.

Selain budaya dan tradisi adat, masyarakat indonesia juga terkenal dengan budi pekerti yang luhur. jangan sampai karena budaya baru tersebut langsung diterima oleh kita, akan berdampak pada berubahnya budaya Indonesia. Sehingga kita harus tetap menjaga keutuhan budaya dan tidak boleh begitu saja meninggalkan identitas bangsa kita tercinta.

Banyak hal dapat dilakukan untuk apresiasi rasa cinta pada budaya. Dimulai dari hal yang terkecil seperti gotong royong, tanpa sadar dengan kita bergotong royong untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih sehingga mendapat penghargaan Adiwiyata, ataupun dengan belajar melestarikan budaya daerah dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh SMANTA dalam memperingati Dies Natalis yang ke-41, salah satunya adalah campur sariserta tari kreasi dan masih banyak karya-karya lain anak SMANTA dalam melestarikan budaya bangsa. Dalam kegiatan seperti inilah kita dapat mengenal budaya daerah kita lebih jauh, dan secara tidak langsung kita telah melestarikan budaya lokal.

Selain melestarikan budaya dengan cara diatas, kita juga dapat melestarikan kebudayaan dengan cara mengenal budaya itu sendiri. Hal ini dinilai dapat mengantisipasi pencurian kebudayaan yang dilakukan oleh negara-negara lain. Mencintai produk sendiri juga merupakan cara lain melestarikan budaya Indonesia.

Kebudayaan lokal Indonesia adalah kebudayaan yang hanya dimiliki oleh kita, dan dari setiap kebudayaan mempunyai ciri khasnya masing-masing. Budaya lokal Indonesia juga sangat kaya serta beragam oleh sebab itu kita sebagai generasi muda wajb menjaganya. Jangan sampai kita terjerumus pada budaya asing karena tidak semua budaya tersebut sesuai dengan kebudayaan kita. Sebagai negara kepulauan pasti sulit bagi kita untuk tetap menjaga keutuhan budaya dari setiap daerah, namun hal itu dapat terwujud jika kita peduli untuk menjaga, mempelajari serta melestarikannya supaya kebudayaan lokal tetap utuh dan tidak punah. Kita sebagai generasi muda harus mampu menghidupkan budaya dan tradisi Indonesia dengan karya-karya yang mampu membuat iri bangsa lain.

Berbagai cara dapat dilakukan dalam melestarikan budaya, namun yang paling penting, pertama kita harus tumbuhkan kesadaran serta rasa memiliki akan budaya tersebut, sehingga dengan rasa memiliki serta mencintai budaya akan membuat orang mempelajarinya sehingga budaya akan tetap ada karena pewaris kebudayaan akan terus ada dan karyanya tetap berlanjut.

0 komentar:

Posting Komentar